Apa Yang Dimaksud Dengan Denah

banner apa yang dimaksud dengan denah

Apa yang dimaksud dengan denah – Denah menurut Kamu Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) merupakan gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya. Lalu, gambar rancangan seperti rumah, bangunan, dan sebagainya. Lalu, apa yang dimaksud dengan denah ? Dari penjabaran yang ada dari Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ), bahwa dapat disimpulkan denah itu merupakan suatu gambar yang merujuk untuk memberikan informasi visualisasi dalam proses menunjukkan suatu tempat atau bangunan yang ingin di kunjungi.

apa itu denah
Gambar apa itu denah

Kamu juga pernah lihatkan ? Suatu denah dari tempat wisata yang terpampang besar di salah satu sudut tempatnya ? Lalu, ada juga denah untuk menunjukkan suatu lokasi dari kota atau jalan yang ingin kamu lalui ?. Nah… itu dia gambaran singkat mengenai denah yang sering dijumpai di tempat-tempat yang sering di lihat, di kunjungi, atau di lalui oleh masyarakat sekitar.

Pada zaman sekarang, dalam pembuatan denah khsusunya untuk bangunan. Biasanya dibuatkan visualisasi 3D atau 2D dengan gaya desain tampak modern atau minimalis. Sehingga, banyak sekali orang-orang yang membuat denah suatu bangunan contohnya rumah. Dengan membuat denahnya menjadi desain 2D atau 3D.

Fungsi Denah

fungsi denah
Gambar fungsi denah

Tetapi, denah juga mempunyai fungsi yang harus kalian tahu dulu. Berikut beberapa point mengenai fungsi dari denah, yaitu :

  1. Fungsi ruang
  2. Susunan ruang
  3. Sirkulasi ruang
  4. Dimensi ruang
  5. Letak pintu dan bukaan
  6. Isi ruang

Keenam fungsi denah tersebut memiliki deskripsi masing-masing, yaitu :

1. Fungsi ruang

Yang pertama adalah fungsi ruang. Di sini, denah digunakan untuk memberitahu posisi dari setiap ruangan untuk skala sebuah bangunan. Berdasarkan denah lantai, sehingga kamu dapat mengetahui posisi ruangan tersebut yang berada di dalam bangunan.

2. Susunan ruang

Selanjutnya ada susunan ruang. Fungsinya yaitu untuk penataan ruangan di bagian denah lantai yang dapat menunjukkan penataan di dalam ruangan tersebut. Sehingga, ketika diamati kita bisa melihat bagaimana isi dari tata letak ruangan itu.

3. Sirkulasi ruang

Sirkulasi ruang berfungsi untuk menghubungkan aliran masuk dan keluar dari ruangan. Sehingga, orang-orang dapat dengan mudah melihat gambar denah ini untuk ke tempat ruangan yang ingin mereka tuju di sekitar bangunan tersebut.

4. Dimensi ruang

Lalu ada dimensi ruang yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai ukuran dari suatu ruangan yang ada di dalam bangunan. Misalnya, di ruang kamar tidur memiliki dimensi ruang berukuran 6 meter x 7 meter. Sehingga, dapat memudahkan orang-orang yang ingin menempati tempat tersebut.

5. Letak pintu dan bukaan

Selanjutnya, fungsi dari letak pintu dan bukaan ini yaitu berguna untuk membantu planimetri dari posisi pintu dan berbagai udara masuk lainnya. Karena, ini sangat berguna ketika ada bencana yang terjadi seperti kebakaran dari sebuah bangunan. Sehingga, fungsi ini dapat memudahkan pengguna denah untuk mencari pintu atau ventilasi udara yang dapat mereka lalui.

6. Isi ruang

Dan terakhir dari fungsi denah yaitu isi ruang. Maksudnya adalah apa yang tersedia di dalam ruangan tersebut. Sehingga, orang-orang juga dapat mengetahui ada apa di dalam ruangan itu termasuk barang interior atau aksesoris ruangan lainnya.

Puppy with balloons

Itu dia fungsi-fungsi dari denah yang dapat kamu ketahui. Namun, tak hanya dari fungsi saja, melainkan ada juga jenis dan unsur dari denah itu sendiri. Bagaimana pembahasannya ? Mari kita lanjut pada pembahasan di bawah ini ya !

Jenis denah

Secara umum, jenis denah di bagi menjadi 2 kelompok. Yaitu denah sederhana dan denah desain kompleks. Keduanya memiliki arti dan tujuan yang berbeda. Berikut pembahasan mengenai kedua jenis denah tersebut, yaitu :

Denah sederhana

jenis denah sederhana
Gambar jenis denah sederhana

Untuk jenis denah sederhana ini memiliki tampilan dari sebuah gambar denah yang bentuknya praktis dan belum dipublikasikan ke khalayak umum secara resmi. Misalnya, denah kelas untuk mahasiswa.

Denah desain kompleks

jenis denah desain kompleks
Gambar jenis denah desain kompleks

Jenis denah ini memiliki tujuan untuk membuat bangunan atau tempat dengan struktur gambar yang lebih komplit atau kompleks. Misalnya, kita ingin membuat denah untuk sebuah mall besar yang dibuat oleh tim lapangan dari vendor kontruksi atau arsitektur.

Itu dia pembahasan mengenai jenis denah yang dikelompokkan menjadi 2 point. Selanjutnya, ada unsur dari denah itu sendiri. Apa itu ? Kita simak pembahasannya pada penjelasan di bawah ini.

Unsur denah

arah mata angin
Gambar arah mata angin

Unsur denah ini ada 7 point yang bisa kamu ketahui, yaitu :

  1. Judul denah.
  2. Petunjuk arah mata angin. Petunjuk ini harus mengarah ke bagian utara.
  3. Sebuah lokasi atau tempat. Contohnya, taman margasatwa.
  4. Memberikan tempat yang mudah dikenali. Maksudnya yaitu tempat yang ada di suatu lokasi dengan seringnya orang-orang yang berkunjung ke tempat tersebut.
  5. Nama-nama jalan. Misalnya, jalan cempaka putih.
  6. Arah yang menuju ke lokasi.
  7. Serta, memiliki nama di setiap tempat yang ada di gambar denah tersebut.

Nah, 7 point ini bisa menjadi syarat dalam pembuatan dari sebuah denah. Maka dari itu, untuk membuat denah kamu harus tahu dulu tempatnya dan membuat gambar denah yang mudah dipahami oleh semua orang. Kalau kamu belum bisa memahami sebuah gambar denah, kamu bisa memahaminya dengan cara berikut ini, yaitu :

Cara membaca sebuah denah

cara membaca denah
Gambar cara membaca denah

Adapun cara membaca dari sebuah denah ketika kita tidak paham mengenai, apa yang dimaksud dengan denah tersebut ? Membingungkan bukan ? Apalagi denah dari tempat-tempat yang memiliki luas dan megah, seperti taman bunga nusantara, taman safari, dan sebgainya. Maka dari itu, untuk membaca denahnya, kamu harus jeli dan teliti. Tetapi, ada cara yang mudah dalam membaca dari sebuah denah itu sendiri, caranya yaitu sebagai berikut :

  1. Kamu bisa baca terlebih dahulu judul pada denah yang ingin kamu tuju. Biasanya, judul denah itu berada di bagian atas yang posisinya berada di tengah-tengah.
  2. Kamu bisa lihat keterangan atau simbol yang menjelaskan dari denah tersebut.
  3. Lihat juga hubungan antara bagian denah, baik untuk denah yang merujuk ke jalan ataupun berupa bangunan-bangunan yang lain.
  4. Baca keseluruhan isi dari denah itu untuk mencari jawaban yang ingin kamu ketahui sebelumnya.

Nah, gampangkan cara membaca denah itu ? Tidak sesulit yang kita bayangkan. Jadi, pada dasarnya denah itu adalah salah satu cara terpenting untuk mengetahui suatu lokasi atau tempat yang ingin kita tuju atau lalui. Jadi, sekarang kamu sudah tahu ya, apa yang dimaksud dengan denah ? Serta, fungsi, jenis, dan unsur dari denah itu sendiri.

Sehingga, ketika kita ingin berwisata atau berkunjung ke tempat-tempat tertentu, usahakan dulu mencari sebuah denah lokasi yang biasanya berada di tempat yang sering dilalui oleh kebanyakan orang atau bisa juga menanyakan langsung ke penjaga wisata tersebut untuk informasi lainnya. Selanjutnya, kamu bisa baca mengenai denah rumah sederhana dan denah sekolah di pembahasan berikutnya. Follow instagram @mirachinterior juga ya !. Terimakasih.

Related Posts

Gratis Konsultasi