Bagaimana Bila Taman Tidak Dirawat

banner bagaimana bila taman tidak di rawat

Ketika kamu membuat taman di area rumah, tentu saja kamu harus memastikan bahwa taman tersebut nantinya akan selalu indah, cantik, asri, dan segar.

Apabila taman tidak dirawat, tentu saja akan membuat tampilan rumah kamu akan terlihat berantakan, tidak indah, tidak asri, dan banyaknya bakteri-bakteri kotor yang bisa saja berada di taman rumah kamu.

Lalu, bagaimana bila taman tidak dirawat dengan benar? Apakah akan memberikan dampak negatif pada keluarga? Atau dampak negatif untuk lingkungan sekitar?

Kamu bisa simak pembahasan ini sampai habis!

Bagaimana bila taman tidak dirawat dengan baik dan benar?

bagaimana bila taman tidak dirawat
Gambar taman yang kotor

Tentu secara logika, jika taman tidak dirawat dengan baik dan benar, maka akan terlihat kotor dan sangat menjijikan. Apalagi di area tempat wisata yang di mana sering kali melihat taman-taman tersebut berserakan sampah-sampah yang tidak dibuang pada tempatnya.

Lalu, tanaman hias yang biasanya berada di sekitar taman tersebut, akan mengering atau daun-daunnya akan berubah warna menjadi kekuningan atau berwarna coklat. Serta, tumbuhnya rumput-rumput yang berada di area taman tentunya tidak memberikan daya tarik sendiri.

Kecuali rumput tersebut di tanam sendiri oleh pihak pengelola, bukan rumput liar yang cepat tumbuh di area taman.

Biasanya, rumput liar ini akan tumbuh di taman yang kotor dan tidak dirawat dengan baik dan benar. Pastinya, di area taman tersebut ada bakteri-bakteri kotor yang mampu membuat kita terjangkit penyakit. Misalnya: demam berdarah, cacingan, dan sebagainya.

Sehingga membuat taman tersebut tidak terlihat cantik dan menarik. Serta, orang-orang juga tidak akan menempati area tersebut karena kotor.

Lalu, cara untuk merawat taman yang baik dan benar seperti apa?

Ada kalanya kamu harus memahami bahwa, kebersihan adalah salah satu hal mutlak yang harus diberikan. Apalagi untuk tempat wisata-wisata keluarga. Meskipun di area rumah, tentu saja kamu harus merawat taman kamu supaya cantik dan menarik seperti pada umumnya.

Lalu, bagaimana cara merawat taman yang baik dan benar?

1. Siram tanaman 3 hari sekali

Salah satu cara yang paling mudah, yaitu menyiram tanaman. Aktifitas ini biasanya disukai oleh wanita.

Maka dari itu, kalau kamu ingin merawat taman kamu, kamu bisa menyiram tanaman yang ada di taman tersebut supaya terlihat segar dan sejuk.

Puppy with balloons

2. Buanglah sampah pada tempatnya

Sampah-sampah yang biasanya kamu buang di tempat yang salah, saat ini kamu harus membuangnya di tempat yang benar. Kamu bisa meletakkan tempat sampah di area taman tersebut.

Agar, ketika ada sampah sekecil apapun, kamu bisa langsung buang ke tempat sampahnya.

3. Perhatikan kondisi rumput

Jika kamu menanam rumput di area taman, kamu harus perhatikan selalu kondisi rumputnya. Kamu bisa melihat perbuhaan dari warna rumput tersebut.

Apabila rumputnya berwarna kuning hingga kecoklatan, berarti rumputnya sudah kering akibat tidak terkena air sama sekali. Apabila rumputnya berwarna hijau, berarti rumput tersebut sudah dalam kondisi terbaik dan memberikan nuansa yang asri.

Lalu, perhatikan juga rumput-rumput liar yang berada di area taman kamu. Kalau kamu menemukannya, kamu bisa mencabutnya dan membuang rumput tersebut ke tempat sampah.

4. Bersihkan daun yang yang berjatuhan

Apabila di taman kamu mempunyai pohon tinggi dan sedang musim kemarau atau musim gugur. Kamu harus siap memberishkan taman kamu setiap hari, supaya daun-daun tersebut tidak memberikan tampilan yang tidak menarik.

5. Berikan pupuk dan cairan untuk tumbuhan yang berkualitas

Dan terakhir yaitu, sebelum kamu menanam tanaman, kamu bisa memberikan pupuk dengan kualitas yang baik. Agar tanaman kamu tumbuh dengan bagus tanpa ada cacat sedikitpun.

Lalu, kamu bisa juga memberikan cairan khusus untuk tumbuhan, supaya tumbuhan tersebut mendapatkan asupan vitamin tambahan, serta dapat memberikan efek positif agar tidak ada hama yang berada di tanaman kamu. Misalnya, ulat bulu, ular pohon, dan sebagainya.

Jadi, itulah akhir dari pembahasan kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang membacanya!

Kamu juga bisa mencari beberapa model dari taman depan rumah minimalis lahan sempit yang cocok untuk rumah kamu.

Follow Instagram @mirachinterior juga ya!

Terima kasih.

Related Posts

Gratis Konsultasi