Jendela Casement

banner jendela casement

Jendela casement Jendela casemenet merupakan salah satu model jendela yang mempunyai engsel di sampingnya. Sehingga, cara membukanya seperti hampir sama dengan membukan pintu.

Ketika di dorong keluar jendelanya, panel akan bergerak ke samping dan dapat memberikan nuansa yang modern serta minimalis.

Jendela ini sangat cocok digunakan jika memiliki tinggi jendela lebih besar dibandingkan dengan lebarnya. Maka dari itu, jendela casement bisa menjadi pilihan yang bagus untuk memberikan hasil maksimal.

Jendela ini juga sering digunakan tak hanya untuk hunian rumah saja, melainkan juga bisa untuk kantor, cafe, restoran, rumah sakit, dan sebagainya.

Di pembahasan kali ini, kami akan berikan pembahasan yang singkat tetapi rinci mengenai jendela casement itu sendiri. Apa saja bahasannya? Simak sampai habis, ya!

Keunggulan Jendela Casement

keunggulan dari jendela casement
Gambar keunggulan dari jendela casement

Di bawah ini merupakan keunggulan dari jendela casement yang bisa kamu jadikan referensi, yaitu:

1. Dapat Memberikan Angin yang Besar

Karena panel atau rangkanya yang bisa di buka ke samping, ini akan memungkinkan kita membuat lubang jendela terbuka sepenuhnya. Sehingga, rumah akan menjadi lebih segar ketika jendela terbuak dengan lebar.

Ada beberapa jenis yang bisa kamu pilih mengenai model jendela tersebut, seperti model jendelanya dua daun, tiga daun, hingga empat daun. Bagaimana menurut kamu?

2. Easy to Clean

Karena sudutnya yang terbuka membuat model jendela ini lebih luas di lihatnya, sehingga jendela juga bisa lebih mudah dibersihkan.

Serta, kamu bisa membersihkannya dengan lap atau peralatan untuk membersihkan jendela yang lebih bagus dan baik lagi.

3. Pemandangan yang Luas

Model jendela yang dapat memberikan pemandangan luas tanpa terhalang apapun. Karena panel atau rangka jendelanya yang bisa di buka sampai 180 derajat, sehingga lubang jendela bisa terbuka sepenuhnya dan memberikan pemandangan yang bagus.

Kekurangan Jendela Casement

kekurangan dari jendela casement
Gambar kekurangan dari jendela casement

Di bawah ini merupakan kekurangan dari jendela casement ini yang bisa kamu jadikan pertimbangan, yaitu:

1. Tidak Bisa Menahan Beban Dari Kaca yang Berukuran Besar

Kekurangan dari jendela ini tidak bisa menahan beban dari kaca yang berukuran besar. Karena ketahanan dari jendela ini bergantung pada engselnya yang berada di sisi rangka atau panel jendela.

2. Tak Tahan Dengan Angin Kencang

Jika cucaca sedang buruk atau hujan angin, jendela ini akan kehilangan fungsinya. Karena bentuk dari panel yang dibuka ke samping memudahkan panel terkena tiupan angin. Jadi, ketika cuaca sedang buruk, kamu harus buru-buru menutup jendelanya agar tidak langsung rusak karena terkena angin.

Puppy with balloons

Model Jendela Casement Pilihan Favorit

Ada dua model jendela casement pilihan favorit yang bisa kamu gunakan untuk membuat hunian menjadi nyaman dan terlihat modern. Apa saja jendela tersebut?

Model Hoppers

jendela casement hoppers
Gambar jendela casement hoppers

Jenis jendela casement hoppers memiliki ciri khas pada pemasangan engselnya yang berada pada pagian samping bingkai. Sehingga, kamu bisa membuka jendela secara melebar.

Model jendela ini lebih mudah untuk dibersihkan.

Ada juga kekurangan yang harus kamu ketahui, seperti jendela hoppers ini tidak dapat menahan yang beban yang terlalu berat. Jadi, ketika kaca terpasang pada jendela yang terlalu besar, maka ada potensi jendela tidak akan kuat dalam menahan beban tersebut.

Model Awning

jendela casement modern
Gambar jendela casement modern

Jendela casement awning yang memiliki posisi engsel berada pada bagian atas bingkai. Sehingga, cara membukanya kamu hanya perlu mendorongnya ke arah luar dari bangunan.

Setelahnya, jendela ini akan mengarah ke atas posisinya jika sudah dalam keadaan terbuka. Namun, jika curah hujan cukup besar, jendela ini akan membuat air akan sulit masuk ke dalam rumah meski jendelanya sudah terbuka.

Tetapi, untuk membersihkannya lebih susah dibandingkan dengan model hoppers. Karena jendelanya yang tinggi sehingga harus membutuhkan peralatan yang sesuai, seperti tangga, lap, dan sebagainya.

Material Dalam Pembuatan Jendela

Adapula beberapa material yang bisa kamu gunakan untuk membuat jendela dengan aman dan kuat untuk jangka waktu yang lama.

Ada empat material yang bisa kamu jadikan pilihan utama, yaitu:

  1. Aluminium.
  2. Stainless.
  3. Kayu.
  4. Besi Hollow.

Keempaat material ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, sehingga kamu bisa sesuaikan saja dengan kebutuhan serta budget yang kamu miliki, ya!

Mana Jendela Casement Pilihan Kamu?

Selesai sudah pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan, hingga model dari jendela ini.

Bagi kamu yang ingin membuat jendela seperti ini, kamu bisa hubungi kami melalui WhatsApp. Kamu juga bisa konsultasikan langsung kepada tim kami mengenai kebutuhan kamu untuk interior atau eksterior impianmu.

Kami juga bisa membuat kitchen set, lemari, tempat tidur, wall panel, dan sebagainya.

Ikuti terus media sosial official kami di Instagram, Youtube, dan Facebook. Jadi, mana jendela casement pilihan kamu?

Related Posts

Gratis Konsultasi