Cara Membuat Taman Kecil Di Depan Rumah

banner cara membuat taman kecil di depan rumah

Cara membuat taman kecil di depan rumah – Taman merupakan sebuah tempat yang di mana memberikan nuansa yang cozy, alami, dan fresh. Membuat taman tentunya sangat mudah dilakukan. Tidak hanya untuk rumah dengan ukuran yang luas, namun bisa juga untuk rumah yang memiliki ukuran kecil.

Biasanya, taman ini berada di area depan, samping, dan belakang rumah. Tetapi, di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui cara membuat taman kecil di depan rumah.

Taman kecil ini dapat dengan mudah membuatnya, kamu hanya perlu memerlukan beberapa bahan, aksesoris, dan berbagai macam barang pendukung lainnya. Penasaran? Simak pembahasan ini sampai habis, ya!

Cara membuat taman kecil di depan rumah yang menarik

Cara ini tentu saja berbeda-beda, namun bisa kamu jadikan referensi untuk membuat taman kecil di depan rumah yang menarik serta sederhana. Adapun cara-caranya, yaitu sebagai berikut:

1. Pilih lahan yang ingin di buat taman

lahan taman yang tepat
Gambar lahan taman yang tepat

Pertama, kamu harus memilih lahan yang sesuai untuk membuat taman di depan rumah. Biasanya, lahan ini berada di dekat garasi mobil dan di bagian depan dari teras rumah.

Kamu bisa membuat taman kecil di lahan tersebut. Selanjutnya, kamu harus membuat dekorasi untuk tamannya supaya rapi dan eye-catching.

2. Gunakan wadah yang tepat untuk tanaman kamu

wadah untuk taman kecil
Gambar wadah untuk taman kecil

Wadah yang dimaksud adalah pot-pot bunga. Pot bunga ini ada banyak sekali ukuran, motif, dan warnanya. Serta, fungsinya juga beragam. Ada pot bunga khusus untuk bagian bawah atau pot bunga khusus untuk digantung.

Kalau kamu ingin menggunakan tanah langsung untuk menanam tanaman kamu, hal tersebut juga sangat baik dilakukan. Kamu tinggal memberikan pupuk yang berkualitas agar tanaman kamu cepat tumbuh subur.

3. Tanaman yang memberikan nuansa cozy

tanaman yang buat cozy
Gambar tanaman yang buat cozy

Tanaman yang sesuai untuk taman kecil di depan rumah, tentu saja bisa memberikan nuansa yang cozy. Sembari menikmati hidangan kopi atau makanan ringan di teras, kamu dapat melihat dan merasakan taman yang kamu buat lebih nyaman.

Kamu juga bisa melakukan kombinasi taman tersebut dengan kolam ikan. Agar depan rumah kamu lebih nyaman lagi.

Bagaimana menurut kamu?

4. Berikan lampu-lampu taman yang cantik

lampu taman
Gambar lampu taman

Kamu bisa juga memberikan lampu taman supaya terlihat cantik dan modern.

Ada banyak sekali lampu taman yang bisa kamu gunakan dan lampunya juga ada banyak ukuran, sehingga kamu bisa sesuaikan dengan lahan taman kamu di depan rumah.

5. Memilih rumput untuk taman kecil

rumput untuk taman
Gambar rumput untuk taman

Rumput untuk membuat taman kecil kamu terlihat fresh, kamu bisa memilih antara rumput gajah atau rumput jepang.

Dengan adanya rumput, tentu saja memberikan hasil yang maksimal untuk tamannya.

Jadi, taman kamu juga terlihat menarik daripada tanpa adanya rumput.

Puppy with balloons

Cara merawat taman kecil di depan rumah yang mudah

Setelah mengetahui cara pembuatannya, tentu kamu juga harus mengetahui cara merawat taman tersebut yang mudah diaplikasikan.

Bagaimana caranya?

1. Siram tanaman

cara menyiram tanaman
Gambar cara menyiram tanaman

Tanaman merupakan makhluk hidup. Tanaman ini membutuhkan air untuk melakukan fotosintesis dengan cahaya matahari.

Jadi, sebaiknya kamu menyiram tanaman secara rutin.

Kamu bisa menyiram tanaman tersebut dengan jadwal 1 minggu 3 kali atau 2 kali. Ingat! Jangan menyiram tanaman setiap hari, karena akan mengakibatkan tanaman tersebut menjadi layu.

2. Bersihkan rumput liar

membersihkan rumput liar
Gambar membersihkan rumput liar

Rumput liar tentunya akan bertumbuh di area taman kecil di depan rumah.

Maka dari itu, kamu bisa membersihkan rumput liar tersebut supaya taman kamu terlihat bersih kembali.

Caranya, yaitu kamu bisa menggunakan tangan kosong atau bantuan alat seperti cangkul kecil, arit, dan sebagainya. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan agar tidak ada kotoran yang menempel ke tangan kamu secara langsung.

3. Bersihkan kolam ikan secara rutin

membersihkan kolam ikan
Gambar membersihkan kolam ikan

Jika di taman kamu ada kolam ikan, kamu harus merawatnya dengan cara benar dan baik. Agar ikan dan tanaman kamu sehat setiap hari.

Membersihkan kolam ikan dari lumut dan melakukan water change setiap 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Kamu bisa membersihkan lumutnya ini menggunakan sikat atau alat yang sesuai untuk kolam tersebut.

4. Selalu periksa taman setiap hari

memperhatikan taman
Gambar memperhatikan taman

Kamu juga perlu memeriksa taman setiap hari. Fungsinya untuk apa? Agar kamu mengetahui hal-hal yang mencurigakan dan berbahaya bagi keluarga.

Misalnya ada ular yang membuat sarang di area taman kamu, maka dari itu hal tersebut sangat berbahaya jika berada di area taman kamu setiap hari.

Jadi, kamu bisa memeriksa taman secara rutin setiap harinya. Agar hal tersebut tidak terjadi.

Apakah kamu sudah siap membuat taman?

Dengan pembahasan kali ini, apakah kamu sudah siap membuat taman sendiri di rumah? Apakah kamu tertarik ingin membuat taman kecil ini? Jika iya, kamu harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat taman tersebut. Lalu, bagaimana bila taman tidak dirawat?

Jika kamu bingung bagaimana dekorasi taman yang tepat untuk area depan rumah, kamu bisa konsultasi langsung di Mirach Interior melalui WhatsApp atau Instagram @mirachinterior. Good bye!

Related Posts

Gratis Konsultasi